Wednesday

Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) D3 dan Ners 2017, 2018, 2019 Update 71

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 71 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) D3 dan Ners 2017, 2018, 2019 Update 71
uji kompetensi Ners

Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan


Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan



1. Perawat melakukan pemeriksaan fisik pada klien dengan DM tipe 2. Hasilnya antara lain glukosa darah puasa 120 mg/dl suhu tubuh 38,4 C nadi 88 x per menit, frekuensi napas 22x per menit dan tekanan darah 100/72 mmHg, manakah hasil yg paling menjadi perhatian perawat?

A. Nadi
B. Pernapasan
C. Suhu tubuh
D. Tekanan darah
E. Gula darah puasa

Jawaban C. Suhu tubuh



2. Wakil direktur keperawatan yang baru terpilih mengumumkan bahwa pengambilan kepetusan akan didesentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi. Manajer keperawatan mengantisispasi alur komunikasi dan tanggung jawab akan dikarateristikkan dengan alur organisasi yang mana?

A. Datar
B. Vertikal
C. Sirkular
D. Horizontal
E. Garis putus-putus

Jawaban : A
Rasional: Pada organisasi yang datar kewenangan dan tanggung jawab didelegasukan pada level operasional terbawah. Pilihan B salah karena alur vertikal mengindikasikan bahwa pengambilan keputusan alur formal kewenangan dan komunikasi. Secara tradisional, alur vertikal menindikasikan bahwa pengambilan keputusan berada pada level manajemn atas . Piliha C mengindikasikan alur konsentris atau sirkular, dengan pimpinal eksekutif berda di pusat dan adanya lapisan kewenangan . Pilihan jawaban D berarti alur horisontal, ke kiri ke kanan, yang menempatkan kepala eksekutif di bagian kiri, dengan lapisan kewenangan lebih bawah di bagian kanan. Pilihan jawaban E berarti garis kordinasi yang menghubungkan antara fungsionaris dalam satu tingkatan.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, alur komunikasi dan kewenangnan. Perhatikan kata desentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi . Alur organisasi adalah gambaran yang menunjukkan bagaimana setiap bagian organisasi itu terhubung , alur vertikal menunjukka hirarki  pengambilan kepetusan, dan alur datar menunjukkan bahwa pengambilan keputusan berada pada level bawah
Review: Konsep organisasi dan struktur terakait fasilitas kesehatan
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 149-150



3. Seorang perawat menekankan pada edukasi perawatn di rumah padaibu dengan anak pascaoperasi jantung. Manakah pernyataan ibu yang perlu diedukasi kembali selanjutnya?

A. Keseimbangan antara aktivitas dan istrahat itu adalah hal yang penting
B. Saya dapat memberikan lotion pada luka insisi operasi jika anak merasa gatal
C. Aktivitas yang beresiko anak jatuh harus dihindari selam 2-4 minggu
D. Berada di keramaian orang banyak harus dihindari minimal 2 minggu setelah operasi
E. Saya akan melatih anak saya untuk berjalan setiap pagi

Jawaban : B
Rasional: Ibu sebaiknya diintruksikan untuk tidak memberikan lotion atau bedak pada luka insisi operasi kaerana hal itu dapat mengganggu integritas kulit dan proses penyembuhan. Pilihan Ac, C, dan D merupakan intruksi yang tepat untuk perawatn di rumah setelah operasi jantung.

Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan pada kata-kata penting perlu diedukasi kembali selanjutnya. Pilihan jawaban tersebut mengindikasikan ketidaktahuan ibu dan menuntun anda untuk memilih jawaban dengan pernyataan yang salah. Penggunaan prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan perawatan pasca operasi akan mengarahkan anda pada jawaban yang benar.
Review: Operasi jantung
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Anak
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Jantung, pembuluh darah dan sistem limfatik
Daftar pustaka: McKinney et al (2013), p. 1224



4. Perawat membantu untuk mempersiapkan klien untuk irigasi telingat seperti di intruksi oleh tim medis. Manakah tindakan yang harus disiapkan?

A. Hangatkan cairan irigasi menjadi 37o C
B. Posisikan klien pada bagian yang tidak sakit berada di ats setelah irigasi
C. Lakukan irigasi dengan perlahan, aliran cairan irigasi dengan lancar sampai gendang telinga
D. Bantu klien untuk merubah posisi kepala sehingga telinganya berada di atas
E. Posisikan klien untuk duduk setelah irigasi

Jawaban : A
Rasional: Cairan irigasi yang berada pada tubuh klien akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan injury, nausea, dan vertigo. Klien diposisikan sedemikian rupa agar telinga yang diirigasi mengarah ke bawah kerena kemungkinan gravitasi membantu mengeluarkan was dan cairan dari telinga. Setelah irigasi klien dibaringkan pada telinga yang sakit agar cairan dapat keluar dengan tuntas. Aliran yang lancar harus diarahkan pada bagian atas liang telinga bukan ke arah gendang telinga. Terlalu kuat irigasi akan merusak gendang telinga menjadi ruptur.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, irigasi telinga. Baca pilihan jawaban dengan hati-hatidan ingat bahwa perawat harus memeperhatikan pencegahan kerusakan membran timpani. Dan juga, ingat bahwa klien harus diposisikan pada bagian yang sakit mengarah ke bawah untuk memudahkan pengeluaran cairan irigasi.
Review: Prosedur tindakan irigasi telinga
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyamanl
Sistem Tubuh: Penginderaan
Daftar pustaka: Cooper, Gosnell (2015), p. 619-620


5. Seorang klien mendapat digoksin (Lanoxin) setiap hari. Perawat mencurigai terjadinya keracunan setelah terdapat tanda dan gejala yang mana?

A. Nyeri dada
B. Pusing
C. Kadar serum digoksin 2,3 mg/mL
D. Kadar serum potasium 3,9 mEq/L
E. Denyut nadi apikalDenyut nadi apikal 63x/menit

Jawaban : C
Rasional: Tanda dan gejala keracunan digoksin diantaranya adalah gangguan pada sistem pencernaan, bradukardi, gangguan penglihatan, dan hipokalemia. Kadar serum digoksi yang terapeutik adalah 0,5 sampai 2 ng/mL. Kadar serum kalium normal 3,5 sampai 5,0 mEq/L. Denyut nadi apikal normal 60x/menit atau lebih.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, Keracunan digoksin. Ketahui tanda dan gejala keracunan digoksin diperlukan untuk menjawab soal dengan benar.
Review: Tanda dan keracunan digoksin
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyamanl
Sistem Tubuh: Jantung, pembuluh darah dan sistem limfatik
Daftar pustaka: Dewit, Kumagai (2013), p. 439; Hodgson, Kizior (2015), p. 363



6. Seorang perawat sedang merawat klien dengan diagnosa depresi. Perawat memantau adanya tanda-tanda dari konstipasi dan retensi urin. Apakah yang menyebabkan masalah tersebut terjadi?

A. Buruknya dalam pemilihan makanan
B. Penurunan aktivitas dan pola makan yang buruk
C. Asupan tidak adekuat dan dehidrasi
D. Gangguan psikomotordan efek samping obat
E. Penurunan aktivitas dan efek samping obat

Jawaban : D
Rasional: Pada situasi ini, retensi urin banyak disebabkan oleh obat-obatan. Pilihan D merupakna saru-satunya pilihan yang menggambarkan terjadinya konstipasi dan retensi urin. Konstipasi dapat dihubungkan pada tidak adekuatnya asupan makanan, penurunan aktivitas, dan pola makan yang buruk.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada data dalam pertanyaan. Pilihan A, B, dan C memiliki kesamaan makna dan terkait dengan asupan makanan.
Review: Intervensi pada klien dengan depresi dan efek samping dari pemberian obat pada gangguan ini
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Jiwa

Semoga Artikel Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) D3 dan Ners 2017, 2018, 2019 Update 71 ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) D3 dan Ners 2017, 2018, 2019 Update 71 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2018/02/kumpulan-contoh-soal-uji-kompetensi.html

Note : Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) D3 dan Ners 2017, 2018, 2019 Update 71 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon