Tuesday

Soal-soal Uji Kompetensi Perawat terbaru 2018 (UKOM D3 & Ners pdf)

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 5 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Like & share soal UKOM Perawat D3 dan S1 Ners

Soal-soal Uji Kompetensi Perawat terbaru 2018, 2019, 2020, 2021, 2022, 2023, 2024, 2029, 2030, 2031, 2032, 2033
nurse with biggest spuit

Terdapat 5 buah pertanyaaan UKOM dengan kunci jawabanya  


1. Ketika melakukan pengkajian pos partum pada seorang klien, perawat menemukan adanya bekuan darah pada lokia. Perawat memeriksa bekuan darah tersebut dan menemukan bahwa bekau tersebut lebih besar dari 1 cm. Apa tindakan keperawatan yang paling tepat?
A. Mendokumentasikan hasil temuan
B. Melakukan pengkajian ulang dalam 2 jam
C. Memberitahukan kepada petugas kesehatan lain.
D. Meminta klien untuk menambah asupan oral
E. Meminta klien untuk istrahat

Jawaban : C
Rasional: Suatu keadaan normal, bekuan beberapa darah ditemukan pada lokea hari ke 1 sampai ke 2 setelah melahirkan akibat akumulasi darah dari vagina. Bekuan darah yang lebih besar dari 1 cm dapat dianggap hal  yang tidak normal. Penyebab bekuan ini, antara lain atonia uterus atau jaringan plasenta yang tertinggal menghasilkan lebih banyak kehilangan darah. Meskipun penemuan ini akan dimasukkan ke dalam dokumentasi, tindakan yang paling tepat adalah memberitahukan  pada petugas kesehatan lain. Melakukan pengkajian ulang pada klien dalam dua jam akan menunda penatalaksanaan yang dibutuhkan. Meningkatan asupan cairan oral tidak akan membantu dalam situasi ini.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci, yang “paling tepat.” Fokus pada kata-kata lebih besar dari 1 cm. Pikirkan arti penting bekuan lokia pada periode post partum untuk dapat menjawab dengan benar.
Review: Hasil pengkajian normal pada post partum
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatn
Domain: Pengetahuan Prosedur


2. Wakil direktur keperawatan yang baru terpilih mengumumkan bahwa pengambilan kepetusan akan didesentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi. Manajer keperawatan mengantisipasi alur komunikasi dan tanggung jawab akan dikarakteristikkan dengan alur organisasi yang mana?
A. Datar
B. Vertikal
C. Sirkular
D. Horizontal
E. Garis putus-putus

Jawaban : A
Rasional: Pada organisasi yang “datar” kewenangan dan tanggung jawab didelegasikan pada level operasional terbawah. Pilihan B salah karena alur vertikal mengindikasikan bahwa pengambilan keputusan alur formal kewenangan dan komunikasi. Secara tradisional, alur vertikal mengindikasikan bahwa pengambilan keputusan berada pada level manajemn atas . Piliha C mengindikasikan alur konsentris atau sirkular, dengan pimpinal eksekutif berda di pusat dan adanya lapisan kewenangan . Pilihan jawaban D berarti alur horisontal, ke kiri ke kanan, yang menempatkan kepala eksekutif di bagian kiri, dengan lapisan kewenangan lebih bawah di bagian kanan. Pilihan jawaban E berarti garis koordinasi yang menghubungkan antara fungsionaris dalam satu tingkatan.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, alur komunikasi dan kewenangnan. Perhatikan kata desentralisasi dan didistribusikan untuk keseluruhan organisasi . Alur organisasi adalah gambaran yang menunjukkan bagaimana setiap bagian organisasi itu terhubung , alur vertikal menunjukka hirarki  pengambilan kepetusan, dan alur datar menunjukkan bahwa pengambilan keputusan berada pada level bawah
Review: Konsep organisasi dan struktur terakait fasilitas kesehatan
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 149-150


3. Perawat memanggil petugas keamanan dan memasang restrain pada klien yang MRS secara sukarela, namun menjadi berperilaku keserasan secara fisik maupun verbal saat meminta dipulangkan dari RS. Apa konsekuebsi hukum yang terkait dengan intervensi yang dilakukan oleh perawat?
A. Menuduh
B. Menyalahkan
C. False Imprisonment
D. Berbohong
E. Melalaikan klien

Jawaban : C
Rasional: False imprisonment adalah tindakan yang bertujuan mengurung seseorang di tempat tertentu. Perawat dapat dituduh melakukan False imprisonment saat perawat melarang klien meninggalkan RS jika klien dengan sukarela MRS dan jika tidak ada pihak yang berwanang yang menemani klien. Penyiksaan atau pemenjaraan terkait dengan pemasangan restrain pada klien di situasi yang tidak memenuhi kriteria untuk melakukan intervensi tersebut. Menuduh atau menyalahkan tidak sesuai karena perawat tidak menulis maupun menyampaikan secara verbal membuat pernyataan tidak benar tentang klien.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, konsekuensi hukum untuk tidakan perawat terkait dengan prosedur MRS. Perhatikan kalimat MRS dengan sukarela akan membantu anda memilih jawaban terkait pencegahan klien yang telah MRS dengan sukarela. Pilihan jawaban yang lain tidak berhubungan dengan tindakan untuk menghalangi klien keluar RS.
Review: hak klien terkait prosedur MRS
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: jiwa
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Kesehatan mental
Daftar Pustaka: Keitner, Schwecke, Bostro (2011), p. 37; Varcarolis (2013), p. 89.


4. Perawat yang bekerja di RS menunggu untuk menerima laporan dari laboratorium melalui faks. Mesin faks aktif dan mengharapkan laporan yang keluar, tetapi malah menerima foto yang berorientasi seksual. Manakah tindakan keperawatan yang paling tepat?
A. Panggil polisi
B. Potong foto dan membuangnya
C. Panggil supervisor keperawatan dan laporkan kejadian tersebut
D. Panggil laboran dan tanyakan siapa yang mengirim foto tesebut
E. Hadirkan perawat lain sebagai saksi

Jawaban : C
Rasional: Menjamin lingkungan kerja dari suatu pekerja di institusi. Pelecehan seksual di tempat kerja dilarang oleh negara dan hukumnya. Lelucon berbau seksual, menyentuh, menekan pekerja lain untuk berkencan, dan menunjukkan secara terbuka, atau mengirimkan foto atau poster berorientasi seksual merupakan contoh perilaku yang menjurus ke arah pelecehan seksual oleh pekerja lain. Jika perawat meyakini dia menjadi subjek dari tindakan seksual yang tidak diinginkan, maka supervisor keperawatan harus segera dikabari. Pilihan A tidak dibutuhkan saat ini. Pilihan B, D, dan merupakan tindakan awal yang kurang tepat.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda, “paling tepat.” Ingat bahwa menggunakan alur komunikasi organisasionaladalah hal yang terbaik. Ingatan ini akan menunjukkan anda pada pilihan jawaban yang benar.
Review: Tanggung jawab perawat ketika terjadi pelecehan seksual di tempat kerja
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan Kesehatan
Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 500-501.


5. Perawat sedang merawat pasien yang sakit terminal. Saat mengkaji klien manakah gejala yang perawat tahu paling umum menunjukkan distres menjelang kematian?
A. Nyeri
B. Cemas
C. Depresi
D. Menarik diri
E. Marah

Jawaban : B
Rasional: Cemas adalah gejala distres yang paling umum dirasakan menjelang kematian. Cemas merupakan perasaan yang tidak mudah diatasi karena penyebabnya yang tidak bisa diidentifikasi. Nyeri, depresi, marah dan menarik diri mungkin juga muncul tetapi bukan gejala distres yang paling sering ditemui perawat.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda, “paling umum.” Abaikan pilihan C dan D pertama kali karena sebanding atau sama. Selanjutnya abaikan pilihan A dan E karena tidak semua klien merasakan nyeri dan marah.
Review: Harapan di akhir kehidupan
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Keluarga
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Kesehatan mental
Daftar Pustaka: Ignatavicius, Workman (2013), p. 114; Lewis et al (2011), p. 161.






Semoga Artikel Soal-soal Uji Kompetensi Perawat terbaru 2018 (UKOM D3 & Ners pdf) ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Soal-soal Uji Kompetensi Perawat terbaru 2018 (UKOM D3 & Ners pdf) dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2017/11/soal-soal-uji-kompetensi-perawat.html

Note : Soal-soal Uji Kompetensi Perawat terbaru 2018 (UKOM D3 & Ners pdf) Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon