Tuesday

Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf)

Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf)


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 6 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Suka dan Bagikan Soal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat

Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf)
we are nurse, give a good challance for UKOM

Ada 5 buah pertanyaan UKOM beserta pembahasannya

1. Klien mengalami vertigo berat. Manakah intruksi yang harus diberikan perawat pada klien untuk membantu mengontrol vertigonya?
A. Meningkatkan sodium dalam makanan
B. Menghindari pergerakan kepala tiba-tiba
C. Terlentang dan melihat televisi
D. Meningkatkan konsumsi cairan sampai 3000mL/hari
E. Menghindari lampu yang terang

Jawaban : B
Rasional: Perawat mengintruksikan klien untuk melakukan pergerakan kepala secara perlahan untuk mencegah vertigo memberat. Perubahan diet seperti menghindari garam dan cairan bisa menurunkan jumlah cairan endolimfatik kadang diresepkan. Terlentang sambil melihat televisi dan menghindari lampu yang terang tidak akn mengontrol vertigo.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda, “mengontrol vertigo.” Perhatiakn hubungan antara vertigo dan menghindari pergerakan kepala yang tiba-tiba pada pilihan jawaban yang benar.
Review: Langkah-langkah mengurangi vertigo
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Rehabilitatif
Kebutuhan Dasar: Komunikasi
Sistem Tubuh: Penginderaan
Daftar Pustaka: Ignatavicius, Workman (2013), p. 1096


2. Perawat sedang melakukan monitor adanya vulvae hematoma pada klien postpartum yang menerima anestesi epidural untuk persalinanya. Hasil pengkajian seperti apa yang paling tepat mengindikasikan adanya hematoma ?
A. Perubahan tanda-tanda vital
B. Tanda-tanda memar hebat
C. Keluhan nyeri yang intens
D. Keluhan sensasi perih
E. Keluhan mati rasa

Jawaban : A
Rasional: Karena klien mendapatkan anestesi epidural dan sedang dalam anestesi, dia tidak merasakan nyeri intens ataupun perih. Perubahan pada tanda-tanda vital mengindikasikan hipovolemia pada klien postpartum dalam anestesi yang mengalami vulvae hematoma. Pilihan B ( memar hebat ) bisa terlihat, namun perubahan tanda vital mengindikasikan hematoma yang diakibatkan bendungan perdarahan pada jaringan perineal.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci "paling tepat". Juga ingat bahwa klien mendapatkan anestesi epidural. Dengan ini dalam benak Anda, mengeliminasi pilihan C dan D dan untuk pilihan yang tersisa, gunakan ABC - airway, breathing, and circulation untuk mengarahkan pada jawaban yang benar.
Daftar Pustaka: Lowdermilk et al (2012), pp.825,829.


3. Perawat pendidik meminta mahasiswa untuk membuat daftar lima kategori pengobatan komplementer dan alternatif (CAM), yang dikembangkan oleh National Center of Complementary And Alternative Medicine. Manakah kalimat yang akan dituliskan oleh mahasiswa keperawatan, yang mengindikasikan bahwa mereka sudah memahami lima kategori CAM?
A. Herbologi, hidroterapi, akupuntur, dan perawatan kiropraktik
B. Pengobatan jiwa raga, pengobatan tradisional cina, homeopati, naturopati, dan sentuhan penyembuhan
C. Praktik berbasis biologis, praktik berbasis fisik, terapi magnetik, terapi pijat, dan aroma terapi
D. Whole medical system, Pengobatan jiwa raga, praktik berbasis biologis, praktik berbasis fisik dan manipulatif, dan terapi energi
E. Pengobatan tradisional cina, ayurveda, akupuntur, homeopati, dan hidroterapi

Jawaban : D
Rasional: Lima kategori dalam terapi komplementer dan alternatif (CAM) meliputi Whole medical system, Pengobatan jiwa raga, praktik berbasis biologis, praktik berbasis fisik dan manipulatif, dan terapi energi. Terapi pada pilihan jawaban lain merupakan bagian dari lima kategori CAM.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda di pertanyaan, “lima kategori CAM.” Perhatikan bahwa pertanyaan meminta kategori bukan terapi, akan membatu anda untuk memilih jawaban yang tepat.
Review: Kategori terapi komplementer dan alternatif
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal dan peka budaya
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Komunitas
Proses Keperawatan: Perencanaan
Upaya Kesehatan: Promotif
Kebutuhan Dasar: Belajar
Sistem Tubuh: Pernapasan
Daftar Pustaka: Potter et al (2013), p. 643, 646


4. Perawat mengumpulkan data selama pengkajian awal seorang klien yang hamil kembar. Klien mempunyai anak berusia 5 tahun yang dilahirkan pada usia kehamilan 38 minggu dan menceritakan kepada perawat bahwa dirinya tidak mempunyai riwayat abortus maupun kematian fetal yang lain. Dengan menggunakan GAPAH (Gravida, Aterm, Prematur, Abortus, Hidup) apa yang harus perawat tulis pada pendokumentasian catatan kesehatan klien?
A. G = 3, A = 2, P = 0, A = 0, H= 1
B. G = 2, A = 1, P = 0, A = 0, H= 1
C. G = 1, A = 1, P = 1, A = 0, H= 1
D. G = 2, A = 0, P = 0, A = 0, H= 1
E. G = 3, A = 1, P = 1, A = 0, H= 1

Jawaban : B
Rasional: Deskripsi untuk status kehamilan dapat dengan singkatan GAPAH. G untuk gravida jumlah kehamilan yang pernah terjadi; A untuk persalinan A term, jumlah persalian yang terjadi pada usia  kehamilan cukup bulan (lebih dari 37 minggu); P untuk prematur, adalh jumlah persalinan kurangdari 37 minggu; untuk abortus adalah jumlah keguguran yang pernah dialami  (termasuk kehamilan yang berakhir sebelum usia kehamilan 20 minggu); H untuk hidup, adalh jumlah anak yang hidup saat ini. Perempuan yang hamil kembar dan mempunyai anak maka jumlah gravida adalah 2. Karena anak dilahirkan pada usia kehamilan 38 minggu jumlah persalinan arem adalah 1, dan jumlah persalinan prematur adalah 0, jumlah abortus adalah 0 dan jumlah anak hidup saat ini adalah 1.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek pertanyaan. Mengingat arti singkatan GAPAH dan fokus pada informasi yang adal pada soal akan mengarahkan anda pada pilihan jawaban yang benar.
Review: GAPAH
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: Maternitas
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Promotif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Reproduksi
Daftar pustaka: Lowdermilk et al (2012), p. 289-290; p. McKinney et al (2013), p. 246-247


5. Metformin (Glicophage) diberikan untuk klien yang mengalami diabetes melitus tipe 2. Apa efek samping yang sering terjadi pada klien yang harus diperhatikan perawat saat menyusun rencana penyuluhan?
A. Penambahan berat badan
B. Hipoglkemia
C. Kemerahan dan palpitasi
D. Gangguan pencernaan
E. Sakit kepala

Jawaban : D
Rasional: Efek samping yang sering terjadi akibat penggunaan metformin (Glucophage) adalah gangguan pencernaan, termasuk penurunan nafsu makan mual, dan diare. Berbagai hal tersebut berkurang seiring waktu. Obat ini tidak menimbulkan penambahan berat badan; klien kehilangan berat badan sekitar 7 sampai 8 pound karena pengobatan tersebut menyebabkan mual dan nafsu makan menurun. Meskipun hipoglikemia terjadi hal ini bukan efek samping yang biasa terjadi. Kemerahan dan palpitasi tidak secara spesifik terkait penggunaan obat ini.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci “paling sering.” Untuk menjawab dengan benar, sangat penting untuk mengingat bahwa efek samping yang sering terjadi dengan penggunaan metformin adalah gangguan pencernaan.
Review: efek samping metformin
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Profesional
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Perencanaan
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Belajar
Sistem Tubuh: Perencanaan dan hepatobilier
Daftar pustaka: Kee, Hayes, Mc Cuistion (2012), p. 792




Semoga Artikel Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf) ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf) dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2017/11/soal-uji-kompetensi-perawat-ners.html

Note : Soal Uji Kompetensi Perawat Ners terbaru 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Part 6 (UKOM D3 & Ners pdf) Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon