Saturday

Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf)

Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf)


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 4 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Silahkan membaca dan share Soal Uji Kompetensi Ners ini


Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf)
perawat

terdapat 5 buah pertanyaan beserta kunci jawabannya


1. Perawat akan membantu dokter sehubungan dengan adanya resep obat baru dengan dosis yang lebih tinggi daripada dosis yang direkomendasikan. Perawat tidak dapat menemukan dokter, padahal obat tersebut haru diberikan. Manakah tindakan yang seharusnya dilakukan oleh perawat?
A. Kontak supervisor keperawatan
B. Berikan dosis sesuai yang diresepkan
C. Tunda pemberian obat sampai dokter dapat dihubungi
D. Berikan obat sesuai dengan resep yang direkomendasikansampai dokter bisa ditemui
E. Lanjutkan pengobatan dengan dosis baru

Jawaban : A
Rasional: Jika dokter menuliskan resep yang memerlukan klarifikasi, merupakan tanggung jawab perawat untuk menghubungi dokter tersebut. Jika tidak ada status berkaitan dengan resep karena dokter belum bisa dihubungi atau karena resep tetap demikian setelah menghubungi dokter, maka perawat harus menghubungi manajer atau supervisor keperawatan untuk klarifikasi lebih lanjut mengenai langkah selanjutnya yang dilakukan. Bagaimanapun perawat tidak harus melanjutkan pemberian obat sesuai resep baru sampai memperoleh klarifikasi.
Strategi Mengerjakan Soal: Eliminasi pilihan B, D, dan E terlebih dahulu karena serupa atau sama karena merupakan tindakan yang tidak aman. Perawat harus segera bertindak. Pilihan yang tepat jelas menyebutkan tindakan yang dilakukan dalam situasi ini.
Review: Tanggung jawaba keperawatan terkait resep dari dokter
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal, dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Amana dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka: Potter et al (2013), p. 590

2. Perawat melakukan kegiatan menindak lanjuti pendidikan kesehatan dengan klien yang pulang dari Rs sebulan yang lalu. Klien minum obat Fluoxetine (Prozac). Informasi apa yang penting untuk didapatkan perawat selama kunjungan klien terkait efek samping pengobatan?
A. Tanda dan gejala kardivaskular
B. Disfungsi pencernaan
C. Mulut kering
D. Berkeringat berlebih
E. Jalan menyeret

Jawaban : B
Rasional: Efek samping yang sering terjadi terkait pengobatan ini termasuk disfungsi SSP dan pencernaan. Fluoxetine (Prozac) mempengaruhi sistim pencernaan dan menyebabkan mual-muntah, kram perut dan diare. Tanda dan gejala kardiovaskular, mulut kering, dan pengeluaran keringat berlebih bukan efek samping terkait pengobatan ini.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, efek samping Fluoxetine (Prozac). Sangat penting untuk mengingat bahwa pengobatan ini menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini akan mengarahkan anda pada jawaban yang benar.
Review: Efek samping Fluoxatine (Prozac)
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Jiwa
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Pencernaan dan hepatobilier

3. Perawat teregister merencanakan tugas keperawatan klien untuk satu hari. Tugas mana yang paling sesuai untuk asisten perawat tanpa lisesnsi?
A. Klien yang direncanakan menjalani tranfusi darah
B. Klien dengan kanker kandung kemih yang akan menerima kemoterapi
C. Klien yang baru saja terdiagnosis DM dan direncanakan pulang
D. Klien bed rest yang membutuhkan latihan ROM setiap 4 jam
E. Klien pasca pembedahan

Jawaban : D
Rasional: Perawat harus menentukan tugas yang paling sesuai berdasarkan keterampilan dan kebutuhan pasien. Terkait ini, tugas yang paling sesuai untuk asiten perawat adalah merawat klien yang sedangbed rest dan membutuhkan latihan ROM. Asisten perawat telah terlatih untuk tindakan ini. Klien yang menerima kemoterapi dan klien yang menerima tranfusi darah membutuhkan keterampilan yang hanya bisa diberikan olehperawat berlisensi. Klien dengan DM yang dipulangkan akan membutuhkan penjelasan sebelum pulang tentang manajemen diabetes dan berkoordinasi dengan layanan home care yang dibutuhkan.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kunci “paling sesuai.” Ingat kembali prinsip delegasi dan supervisi pekerjaan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Pekerjaan yang didelegasikan pada orang lain harus konsisten dengan level kemampuan dan keahlian individu serta lisensi yang dipunyai. Pikirkan tentang pelatihan dan juga keterampilan yang didapat oleh asistesn perawat untuk dapat memilih jawaban yang benar
Review: Prinsip delegasi
Kompetensi: Praktik profesional, etis, legal dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses Keperawatan: Perencanaan
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka: Yoder-Wise (2011), p. 529, 531

4. Perawat memantau klien rawat inap yang mangalami penyalahgunaan alkohol. Temuan mana yang seharusnya diwaspadai perawat yang menandakan bahwa klien berpotensi terjadi sidrom putus alkohol?
A. Hipotensi, gemetar, ketagihan
B. Stupor, lemah, kaku otot
C. Hipotensi, tangan tremor, lemah
D. Hipertensi, perubahan kesadaran, halusinasi
E. Hipertensi, menarik diri, tremor

Jawaban : D
Rasional: Gejala yang terkait dengan sindrom putus alkohol, termasuk ansiteas, insomnia, anoreksi, hepertensi, disorientasi, halusinasi, perubahan kesadaran, gelisah, demam, dan delusi.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, temuan yang terkait sindrom putus alkohol. Tinjauan setiap pilhan secara hati-hati untuk memastikan bahwa semua tanda dalam pilihan tersebut adalah benar. Abaikan pilihan A dan C terlebih dahulu, mengingat bahwa hipotensi jarang terjadi dibanding hipertensi. Dari sisa pilihan yang ada, ingat kembali bahwa klien yang stupor tidak akan menunjukkan perilaku putus alkohol. Hal tersebut akan mengarahkan anda pada pilihan yang benar.
Review: Tanda-tanda terkait gejal putus alkohol
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Jiwa
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar Pustaka: Stuart (2013), p. 454

5. Perawat mengevaluasi kemampuan ibu dengan hepatitis B positif untuk memberikan susu botol dengan aman kepada BBL selama masa nifas di RS. Contoh tindakan apa yang tepat untuk menggambarkan pengetahuan ibut terkait resiko penularan penyakit pada BBL?
A. Ibu meminta jendela ditutup seblum memberikan susu
B. Ibu menggendong BBL secara tepat Selama memberikan susu dan mengupayakan bayi sendawa
C. Ibu memeriksa suhu susu formula sebelum memberikan ke bayinya
D. Ibu mencuci dan mengeringkan tangan sebelum dan sesudah cebok serta meminta sarung tangan sebelum memberikan susu pada bayi
E. Ibu menyimpan botol susu di tempat bersih dan kering

Jawaban : D
Rasional: Virus hepatitis B merupakan virus yang sangat berbahaya dan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi hepatitis B. Rasional dari identifikasi ibu nifas dengan penyakit ini adalah untuk memberikan perlindungan bagi BB, maupun untuk meminimalkan penularan pada orang lain, dan untuk meningkatkan pemahaman ibu terkait penularan penyakit. Pilihan A tidak akan mempengaruhi penularan. Pilihan B, C, dan E lebih kepada teknik pemberian susu botol yang tepat. Namun tidak meminimalkan penularan penyakit hepatitis B.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan pada kata kunci “tepat.” Fokuskan pada subjek pertanyaan penularan penyakit kepada BBL. Fokus ini akan mengarahkan anda pada pilihan yang tepat.
Review: Tindakan pencegahan penularan penyakit Hepatitis
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif



Semoga Artikel Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf) ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf) dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2017/11/kumpulan-soal-uji-kompetensi-ukom.html

Note : Kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) perawat dan kunci jawabannya Part 4 (UKOM D3 & Ners pdf) Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon