Friday

Hasil UKOM D3 Perawat dan Ners Oktober November 2020

Hasil UKOM D3 Perawat dan Ners Oktober November 2020
kapan hasil ukom oktober november keluar


Hai semuanya Ukom-ners.blogspot.com kembali memberikan penjelasan dan bocoran mengenai kapan hasil UKOM tenaga kesehatan Oktober November 2020 keluar. sudah tidak sabar lagi untuk melihat hasil UKOM yang periode 2 ini ya. Bagaimana perasaan teman-teman setelah menunggu sudah hampir 1 bulan menjalani UKOM kemarin, mimin tanya dan lihat ada beberapa mahasiswa dari berbagai instansi yang telah mimin wawancarai mengatakan UKOM tahun 2020 ini sepertinya terlihat lebih mudah dan tidak terlalu sulit, apa lagi


Mimin, sedikit bercerita ya. Tahun ini merupakan tahun awal dikeluarkannya Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang tata cara uji kompetensi mahasiswa bidang kesehatan. Peraturan ini sekaligus mengubah sistem dan mekanisme dalam uji kompetensi perawat pasca dicabutnya Permenristekdikti tentang uji kompetensi nasional. Sebelumnya, UKOM perawat murni diambil dari nilai Ujian UKOM Nasional tanpa mempertimbangkan nilai Akademik dai IPK.


Penerapan awal dengan metode exit exam didalam Permenristekdikti Nomor 12 Tahun 2016 dimana uji kompetensi menjadi ujian penentu untuk mendapatkan ijazah dan sertifikat kompetensi pada kenyataannya masih menyisahkan masalah dengan banyaknya mahasiswa yang tidak lulus.


Mahasiswa yang lulus perguruan tinggi dan memegang ijazah tidak bisa bekerja manakala mereka belum lulus uji kompetensi. Ini membuat sebagian perguruan tinggi khawatir, karena pada kenyataannya meski sistem sudah diperbaiki sedemikian rupa, namun ada beberapa perguruan tinggi yang hampir semua mahasiswanya tidak lulus uji kompetensi.  Dampak luar biasa ini memberi kesan tidak baik bagi penyelenggaraan pendidikan karena berkaitan dengan mutu pendidikan dan kualitas perguruan tinggi.


Pasal 3 dalam peraturan tersebut menegaskan sekaligus mengubah sistem sebelumnya dimana proporsi indeks prestasi kumulatif (IPK) dan hasil uji kompetensi diubah dengan ketentuan 60% akademik dan 40% hasil uji kompetensi untuk menentukan kelulusan tenaga kesehatan.


Dan Sebagai kesimpulannya, sesuai Judul yang mimin sampaikan, Mimin kasih bocoran ya kapan hasil UKOM Tenaga kesehatan terutama D3 Perawat, dan Ners keluar. Sebenarnya, hasil UKOM Periode 2 yaitu oktober dan november 2020 akan keluar tidak lama lagi, dan diperkirakan akan selesai oleh tim Panita Uji Kompetensi Nasional, yaitu sekitar 1 - 2 minggu lagi dan diperkirakan akhir November atau awal Desember 2020 ini Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan baik Perawat, Bidan, dan tenaga kesehatan lainnya.



Source : artikel ini dikutpi dari ukomperawat.blogspot.com dan telah mendapatkan izin darinya.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel dari ukom-ners.blogspot.com dengan judul Hasil UKOM D3 Perawat dan Ners Oktober November 2020. Mudah-mudahan hasil UKOM Oktober-november  2020 ini cepat keluar dan mendapatkan hasil yang terbaik. Sampai jumpa lagi ya teman-teman dan jangan lupa belajar latihan soal dari kita.

Anda sekarang membaca artikel Hasil UKOM D3 Perawat dan Ners Oktober November 2020 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2020/11/hasil-ukom-d3-perawat-dan-ners-oktober.html

Note : Hasil UKOM D3 Perawat dan Ners Oktober November 2020 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon