Monday

Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021

Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021


Hai teman-teman sahabat UKOM Ners semuanya, lama mimin haitsu dalam dunia percontoh soal Uji Kompetensi Perawat. Kali ini mimin kembali aktif untuk memberikan latihan contoh soal-soal Uji Kompetensi untuk sahabat perawat Indonesia semuanya.


Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021
latihan soal ukom perawat update terbaru edisi 172


Berikut adalah contoh latihan Soal UKOM Keperawatan D3 & Ners Bagian Edisi Ke 172 dan Kunci Jawaban Disertai Pembahasannya lengkap

1. Seorang perawat 33 tahun menyiapkan pemasangan transfusi darah pada seorang wanita 35 tahun yang sering mengalami menstruasi yang berlebihan. Setelah menjelasakan tujuan dan prosedur pemasangan transfusi, perawat menutup skrem untuk mengawalii tindakannya.

Apakah tindakan selanjutnya yang harus dilakukan perawat pada kasus di atas?

a. mencuci tangan 
b. menyiapkan set trasfusi
c. memasang sarung tangan
d. menghitung tetesan transfusi
e. menggantungkan cairan NaCl 0,9%

Jawaban : a. mencuci tangan 



2. Seorang pria 40 tahun dirawat pada sebuah rumah sakit dengan keluhan cepat capek. Hasil pengkajian pasien mengeluh susah untuk bergerak karena lemah, tekanan darah: 100/80 mmHg, frekuensi pernapasan 25 x/menit, frekuensi nadi 90 x/menit, ada riwayat konsumsi aspirin dalam waktu lama. Hasil pemeriksaan laboratorium PTT dan APTT (faktor pembekuan) memanjang. 

Apakah jenis kolaborasi transfusi yang cocok pada kasus di atas?

a. saline washed red blood cell
b. packed red blood cell
c. whole blood
d. trombosit
e. plasma

Jawaban : e. plasma



3. Seorang pria berusia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan badan lemah dan tidak bisa bekerja. Hasil pengkajian diperoleh pasien sering perdarahan dari mulut, timbul bintik-bintik merah pada lengan. Pasien mengalami penurunan kesadaran, dengan tekanan darah 90/85 mmHg, nadi: 90 x/menit, pernapasan: 30 x/menit, suhu tubuh: 36,5oC, pemeriksaan trombosit 6.000/ml, Hb: 7 gr/dl. Perawat baru saja selesaikan melakukan pemasangan transfuse darah sesuai order.

Apakah tindakan prioritas pada kasus di atas?

a. melakukan observasi dengan ketat 15 menit pertama
b. melakukan observasi dengan ketat 30 menit pertama
c. melakukan observasi dengan ketat 1 jam pertama
d. memantau adanya reaksi hipersensitivitas
e. melakukan pemantauan tanda-tanda vital

Jawaban : a. melakukan observasi dengan ketat 15 menit pertama



4. Seorang laki-laki berusia 42 tahun dirawat pada sebuah rumah sakit sedang menjalani transfusi darah. Pasien mengeluh pusing, sakit kepala dan gatal-gatal pada kulitnya. Pada pemeriksaan fisik ditemukan adanya kemerahan pada kulit, dan pembengkakan, tekanan darah 100/80 mmHg, frekuensi nadi 90 x/menit.

Apakah data lain yang dapat ditemukan pada kasus di atas?

a. mual
b. demam
c. muntah
d. fotophobia
e. keram perut

Jawaban : b. demam



5. Seorang pria berusia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan keluhan badan lemah. Hasil pengkajian diperoleh pasien sering perdarahan dari mulut, timbul bintik-bintik merah pada lengan. Hasil pemeriksaan fisik, tekanan darah 110/85 mmHg, nadi: 90 x/menit, pernapasan: 20 x/menit, suhu tubuh: 36,5oC, Hb: 9 gr/dl. Hasil kolaborasi: memberikan iron sucrose complex

Bagaimanakah jalur/rute tindakan kolaborasi pada kasus di atas?

a. IV
b. IM 
c. SC
d. IM atau IV
e. Z-track method.

Jawaban : a. IV


Oke, mungkin batas 5 soal dulu Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021 kali ini. Jangan lupa untuk terus belajar dan membaca latihan soal-soal UKOM Ners kita yang terbaru lainnya ya, sampai jumpa lagi teman-teman.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2020/09/latihan-soal-ukom-perawat-ners-update.html

Note : Latihan Soal UKOM Perawat Ners Update Edisi 172 (KMB) Tahun 2020 / 2021 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon