Wednesday

Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165

Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165 Edisi Prinsip Etik, Hak Pasien dan Malpraktik Keperawatan


Dibawah ini adalah contoh latihan Soal UKOM Keperawatan D3 & Ners Bagian Edisi Ke dan Kunci Jawaban Disertai Pembahasannya lengkap


Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165
persiapkan diri untuk menghadapi Uji Kompetensi (UKOM) Perawat Periode 3 Oktober 2019

Hai teman-teman semuanya, UKOM perawat Periode 2 2019 sudah berakhir, Selanjutnya akan ada UKOM Perawat Periode 3 yang direncanakan pada bulan Oktober 2019. Nah berikut ini ukom-ners.blogspot.com akan memberikan latihan soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) Ners yang terdiri dari 5 buah soal dan jawaban. Selamat belajar yaa


1. Perempuan berusia 35 tahun, dirawat di ruang tenang Rumah Sakit Jiwa. Saat dikaji perawat, pasien masih tampak murung dan sedih, sering menyendiri, tidak mau makan. Dokter memutuskan untuk diberi ECT (Electro Convulsi Therapy) kemudian keluarga diberi informasi singkat oleh dokter. Setelah itu perawat memberikan selembar pernyataan dan memberitahukan keluarga pasien untuk menandatanangani form tersebut.

Prinsip etik apakah yang dilanggar perawat pada kasus di atas?

a. Justice
b. Videlity
c. Veracity
d. Autonomy
e. Beneficience

Jawaban : d. Autonomy
Pembahasan :
  • Dalam kasus diatas, keluarga telah diberikan penjelasan mengenai tindakan ECT, manfaat dan kerugiannya. Sehingga Saat ini keluarga harus memtuskan sendiri apakah pasien dilakukan tindakan ECT atau tidak, dalam hal ini merupakan bagian dari prinsip etik Autonomy
  • Prinsip otonomi adalah bentuk respek terhadap seseorang, juga dipandang sebagai persetujuan tidak memaksa dan bertindak secara rasional.



2. Laki-laki berusia 30 tahun dirawat di ruang akut. Saat dikaji pasien tampak agresif, mondar-mandir, dan berteriak-teriak memaki istrinya, kadang membenturkan kepalanya. Melihat perilaku pasien seperti itu, perawat berkonsultasi dengan dokter yang menangani dan memutuskan untuk mengikat/merestrain pasien.

Hak pasien apakah yang seharusnya diperhatikan perawat saat pasien direstrain?

a. Hak terhadap pelayanan sipil
b. Hak terhadap keleluasaan pribadi
c. Hak untuk menjalankan keinginan pasien
d. Hak untuk dikaji kebutuhan pasien secara berkala
e. Hak untuk tidak menjadi subjek terhadap pengekangan mekanik yang tidak diperlukan

Jawaban : d. Hak untuk dikaji kebutuhan pasien secara berkala
Pembahasan :
Untuk mencegah pasien meluai diri, orang lain dan lingkungan maka pasien peru direstrai.
Dalam kasus ini, terdapat 2 Prinsip Etik Keperawatan dan Hak pasien yaitu
  1. Non Maleficience (tidak merugiakan)
    Prinsip ini berarti segala tindakan yang dilakukan pada klien tidak menimbulkan bahaya / cedera secara fisik dan psikologik.
  2. Beneficience (Berbuat Baik)
    Benefisiensi berarti hanya mengerjakan sesuatu yang baik. Kebaikan juga memerlukan pencegahan dari kesalahan atau kejahatan, penghapusan kesalahan atau kejahatan dan peningkatan kebaikan oleh diri dan orang lain. Kadang-kadang dalam situasi pelayanan kesehatan kebaikan menjadi konflik dengan otonomi.



3. Laki-laki berusia 30 tahun dirawat di ruang akut, dan diikat/direstrain. Menurut perawat pasien sudah tenang beberapa hari sebelumnya, namun karena belum bertemu dengan dokter dan belum mendapat perintah untuk melepas restrain, perawat tidak berani membukanya.

Hak pasien apakah yang dilanggar perawat?

a. Hak terhadap pelayanan sipil
b. Hak untuk pemeriksaan psikiatri
c. Hak terhadap keleluasaan pribadi
d. Hak untuk menjalankan keinginan pasien
e. Hak untuk tidak menjadi subjek terhadap pengekangan mekanik yang tidak diperlukan

Jawaban : e. Hak untuk tidak menjadi subjek terhadap pengekangan mekanik yang tidak diperlukan
Pembahasan :
Cukup jelas, penjelasan sama seperti nomor 2



4. Laki-laki berusia 30 tahun, tampak mondar-mandir di jalanan, tidak berpakaian lengkap, berteriak-teriak, dan melempar setiap orang yang lewat.

Apakah hak pasien yang tidak dapat dipenuhi pada kasus di atas?

a. Mendapatkan pengobatan
b. Mendapatkan rumah yang layak
c. Mendapatkan makan dan minum
d. Masuk rumah sakit atas kehendak sendiri
e. Mendapatkan surat keterangan sakit dari rumah sakit

Jawaban : d. Masuk rumah sakit atas kehendak sendiri
Pembahasan :
Cukup jelas, pasien dengan keadaan mondar-mandir di jalanan, tidak berpakaian lengkap, berteriak-teriak, dan melempar setiap orang yang lewat akan membahayakan diri, orang lain dan lingkungannya. Oleh karena itu pasien perlu dirujuk dan dibawa ke Rumah Sakit. Namun dalam keadaan diatas tersebut sebenarnya bertentangan dengan hak otonomi pasien. Dalam kasus tersebut hak otonomi pasien diabaikan demi keselamatan semua orang.



5. Laki-laki dirawat di ruang akut RSJ. Saat dikaji pasien pasien tampak agresif, mondar-mandir, dan berteriak-teriak memaki istrinya, kadang membenturkan kepalanya. Melihat perilaku pasien seperti itu, perawat memutuskan untuk mengikat/merestrain pasien.

Apakah yang harus dilakukan perawat untuk mencegah malpraktik?

a. Melakukan operan dengan perawat kalau ada kondisi gawat
b. Mencatat semua tindakan yang dilakukan perawat
c. Melakukan tindakan sesuai perintah dokter
d. Langsung berkonsultasi dengan pengacara
e. Melakukan tindakan kalau diperlukan

Jawaban : b. Mencatat semua tindakan yang dilakukan perawat
Pembahasan :
Berikut ini 6 upaya pencegahan terjadinya malpraktik tindakan keperawatan
  1. Tidak menjanjikan atau memberi garansi akan keberhasilan upayanya, karena perjanjian berbentuk daya upaya (inspaning verbintenis) bukan perjanjian akan berhasil (resultaat verbintenis).
  2. Sebelum melakukan intervensi agar selalu dilakukan informed consent.
  3. Mencatat semua tindakan yang dilakukan dalam rekam medis.
  4. Apabila terjadi keragu-raguan, konsultasikan kepada senior atau dokter.
  5. Memperlakukan pasien secara manusiawi dengan memperhatikan segala kebutuhannya.
  6. Menjalin komunikasi yang baik dengan pasien, keluarga dan masyarakat sekitarnya.



Demikianlah artikel dari ukom-ners.blogspot.com diatas dengan judul Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan untuk teman-teamn semuanya dapat bermanfaat dan berguna. Terimakasih atas kunjungany teman-teman semuanya, jangan lupa share link kami dan ajak teman-teman perawat lainnya belajar dan berlatih soal-soal UKOM dari sini yang telah kami berikan ribuan soal-soal latihan Uji Kompetensi. Sampai jumpa lagi yaa.

Anda sekarang membaca artikel Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2019/08/soal-latihan-ukom-perawat-beserta-kunci.html

Note : Soal Latihan UKOM Perawat Beserta Kunci Jawaban (Update Agustus 2019) Edisi 165 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon