Sunday

Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161

Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161


Dibawah ini adalah contoh latihan Soal UKOM Keperawatan D3 & Ners Bagian Edisi Ke 161 dan Kunci Jawaban Disertai Pembahasannya lengkap


Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161

Haloo teman-teman sahabat semuanya, berikut ini telah kami siapkan utnuk teman-teman semuanya contoh latihan soal UjiKompetensi Keperawatan yang disertai jawabannya. Semangat yaa karena UKOM akan segera dilakusanakan kembali dengan sistem Exit Exam.


1. Seorang wanita berusia 32 tahun dengan G0 P0A0 kehamilan usia 39 minggu datang ke Poned bersalin dengan keadaan mules pada perut. Hasil pengkajian didapatkan pembukaan serviks 10 cm, ketuban utuh, kepala tampak di vulva, HIS 4x10 menit dengan durasi 40 detik. Hasil TTV didapatkan TD=120/80 mmHg, N=88 x/menit, RR=20 x/menit, T=38 derajat celsius.

Apakah tindakan selanjutnya yang dilakukan perawat ?

a. lakukan pengeluaran bahu
b. lakukan amniotomi
c. persiapakn partus
d. tunggu putaran paksi luar
e. sokong perineum dengan kain steril

Jawaban : e. sokong perineum dengan kain steril
Pembahasan :
  • Pembukaan serviks saat ditusuk 10 cm. Mksd sy, saat di VT udh 10 cm sementara, ketubah masih utuh. Jadi lakukan dulu amniotomi supaya licin dan kepala lebih mudah keluar.



2. Seorang wanita berusia 29 tahun dibawa ke IGD Gawat Darurat dengan kondisi penurunan kesadaran akibat kecelakaan lalu lintas sekitar 20 menit yang lalu. Hasil pengkajian didapatkan pasien cedera dikepala, mukosa bibir sianosis, gelisah, nafas gurgling, dan perdarahan di telapak kaki serta tangan tangan. Hasil pemeriksaan lainnya didapatkan GCS 4, CRT >3detik, TD=110/60 mmHg, N=99x/menit, RR=11 x/menit dan T=36,2 derajat celsius.

Apakah masalah keperawatan yang paling prioritas dalam kasus diatas ?

a. Risiko ketidakseimbangan cairan
b. resiko ketidakefektifan perfusi jaringan serebral
c. bersihan jalan nafas tidak efektif
d. kerusakan integritas kulit
e. perusi perifer tidak efektif

Jawaban : c. bersihan jalan nafas tidak efektif
Pembahasan :
  • terdengr bunyi nafas gurgling, Jadi harus patenkan jalan napas dahulu
  • Airway >Breathing  > circulation



3. Seorang perempuan berusia 24 tahun dilarikan ke IGD Rumah Sakit dengan kondisi mengalami perdarahan akibat kecelakaan bermotor. Hasil pemeriksaan didapatkan fisik terdapat luka terbuka dibagian abdomen serta paha kiri yang disertai perdarahan masif, akral teraba dingin. Pemeriksaan TTV didapatkan TD=90/60 mmHg, RR=26 x/menit, N=115 x/menit, T=36,5 derajat celsius. Perawat telah melakukan penutupan luka dengan cara bebat.

Apakah tindakan prioritas selanjutnya yang harus dilakukan perawat dalam kasus diatas ?

a. memasang infus 2 line kocor
b. melakukan heacting pada luka
c. mengangkat kaki lebih lebih tinggi dari kepala
d. memasang bidai
e. memberikan O2 tambahan

Jawaban : a. memasang infus 2 line kocor
Pembahasan :
Perhatian tanda-tanda sirkulasi pasien diatas, terdapat luka terbuka dibagian abdomen serta paha kiri yang disertai perdarahan masif, akral teraba dingin, TD=90/60 mmHg, RR=26 x/menit, N=115 x/menit.
Dari data diatas sudah jelas bahwa diagnosa keperawatan pasien yaitu Perdarahan, sehingga intervensi keperawatan perdarahan yang dapat dilakukan yaitu melakukan kolaborasi pemberian cairan infus 2 line



4. Seorang laki-laki berusia 75 tahun dirawat di ruang CVCU RS dengan diagnosa medis Gagal Jantung Kronis. Dari pengkajian didapatkan edema ekstermitas, Retensi Urine, Distensi Vena Jugularis, asites, dan kelemahan. Hasil pemeriksaan lainnya didapatkan T=150/90 mmHg, N=74 x/menit, RR=22 x/menit, SPO2 = 96%.

Apakah intervensi keperawatan yang tepat untuk kasus diatas ?

a. Tinggikan kaki pasien sekitar 20 derajat
b. Kolaborasi pemberian O2
c. Batasi akitvitas pasien
d. Batasi intake cairan pasien
e. Moitor balance cairan

Jawaban : d. Batasi intake cairan pasien
Pembahasan :
Cukup jelas, dari data didapatkan edema ekstermitas, Retensi Urine, Distensi Vena Jugularis, asites dan T=150/90 mmHg. Dari data diatas dapat ditegakkan diagnosa keperawatan yaitu Kelebihn volume cairan, sehingga intervensi keperawatan Kelebihn volume cairan yang tepat yaitu dengan melakukan pembatasan intake cairan pasien.



5. Seorang perempuan berusia 30 tahun dengan G1P1A0 post SC hari ke 3. Saat ini dirawat dan mengeluh nyeri dikedua payudaranya. Hasil pengkajian didapatkan payudara tampak bengkak, keras,dan  hangat. Hasil pemeriksaan TTV didapatkan TD= 120x/menit, T=98,5 derajat celsius, RR=22 x/menit, N=78 x/menit. Pasien mengatakan ia takut untuk bergerak karena jahitannya baru beberapa hari.

Apakah intervensi keperawatan yang dapat dilakukan dalam kasus diatas ?

a. Berikan kompres hangat dan dingin bergantian
b. Anjurkn pasien memeras ASInya
c. Anjurkan teknik relaksasi nafas dalam
d. Lakukan Massase dikedua payudara
e. Anjurkan ibubanyak makan

Jawaban ; a. Berikan kompres hangat dan dingin bergantian
Pembahasan :
Pemberian kompres hangat akan membuat nyaman ibu sehingga ibu tidak cemas lagi ketika memberikan ASInya kepada bayi. Pembengkakan pada payudara merupakan hal yang normal terjadi pada ibu yang pertama kali melahirkan, dan hal yang dapat dilakukan selain pemberian komres hangat yaitu dengan tetap memberikan ASI serta massage untuk kelancaran pengeluaran ASI ibu.




Demikianlah artikel kami dri ukom-ners.blogspot.com yang berjudul Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan diatas dapat bemanfaat dan berguna bagi teman-teman semuanya. Terimakasih atas kunjungannya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2019/05/contoh-soal-ukom-perawat-maternitas-dan-gadar-part-161.html

Note : Contoh Soal UKOM Perawat (Maternitas dan GADAR) Part 161 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon