Friday

Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 126

Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 125


Dibawah ini adalah contoh soal UKOM Keperawatan Bagian Ke 126 Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasan lengkap


Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 126
Contoh Soal UKOM Perawat

1. Seorang laki-laki berusia 28 tahun. dirawat di ruang interna  dengan diagnosa TB mengeluh sesak dan batuk produktif pada malam hari. Hasil pengkajian pasien terlihat gelisah, terlihat adanya retraksi dinding dada,  Frekuensi napas 26x/i. Perawat ingin melakukan pemeriksaan perkusi pada kedua lapang paru.

Suara apa yg terdengar?

A. Redup
B. Pekak
C. Sonor
D. Resonan
E. Hipersonor

Jawaban : A. Redup
Pembahasan :
Penilaian suara yang ditimbulkan oleh perkusi:
  1. Sonor adalah suara perkusi jaringan paru yang normal.
  2. Redup adalahsuara perkusi jaringan yang lebih padat/konsolidasi paru-paru seperti pneumonia.
  3. Pekak adalahsuara perkusi jaringan yang padat seperti pada; Adanya cairan di rongga pleura Perkusi daerah jantung Perkusi daerah hepar
  4. Hipersonor/tympany adalah suara perkusi pada daerah yang lebih berongga kosong seperti : daerah Caverne-caverne paru, penderita asthma kronik terutama dengan bentuk dada barrel-chest akan terdengar seperti ketukan benda-benda kosong, bergema. Perkusi dilakukan dengan cara membandingkan kiri-kanan pada setiap daerah permukaan thorax.



2. Seorang perempuan berusia 23 tahun dibawa ke rumah sakit jiwa akibat tidak keluar kamar selama 1 Minggu sejak dinyatakan tidak lulus. Keluarga mengatakan pasien kecewa dengan usaha dan kerja keras tetapi belum juga menjadi seorang perawat Profesional. Hasil pengkajian sudah 1 minggu tidak mau mandi, badan kotor dan bau,  makan berantakan, BAB dan BAK sembarangan.

Apakah Masalah utama pada kasus diatas ?

A. Isolasi sosial
B. Resiko bunuh diri
C. Harga diri rendah
D. Gangguan citra tubuh
E. Defisit perawatan diri

Jawaban : E. Defisit perawatan diri
Pembahasan :
Data fokus:  Keluarga mengatakan pasien kecewa dengan usaha dan kerja keras tetapi belum juga kompeten. Hasil pengkajian sudah 1 minggu tidak mau mandi, badan kotor dan bau,  makan berantakan, BAB dan BAK sembarangan.
Lead in: Apakah Masalah utama pada kasus diatas ?
Answer:
E. Defisit perawatan diri
Rasionalnya: 1 minggu tidak mandi,badan kotor  dan bau, makan berantakan,BAB dan BAK sembarangan



3. Seorang perempuan berusia 28 tahun datang ke poli klinik diantar suaminya dengan keluhan mual,muntah. Hasil penkajian didapatkan pasien sedang hamil anak kedua. HPHT tanggal 5 Juli 2017 dengan siklus 28 hari. Pada pemeriksaan didapatkan TFU setinggi pusat, dilakukan palpasi detemukan gerakan janin dan DJJ 128x/menit.

Kapan tafsiran persalinan pada pasien pasien tersebut ?

A. 08 - april - 2018
B. 12 - april - 2018
C. 18 - april - 2018
D. 20 - april - 2018
E. 22 - april - 2018

Jawaban : B. 12 - april - 2018
Pembahasan :
HPHT+7
Januari-maret+9+0
April-desember -3+1
Jadi 5+7=12
Bulan juli (7-3=4)
Tahun 2017+1=2018



4. Seorang perempuan umur 20 tahun dibawa ke IGD karena berbicara tidak jelas, marah - marah tidak jelas, mudah tersinggung, sering menyendiri terjadi dalam kurung waktu 1 hari . Hasil pengkajian pasien terlihat seperti orang normal akan tetapi mood selalu berubah ubah dan pasien berkata saya manusia yang tak berguna di mata keluarga. Keluarga pasien mengatakan kejadian ini terjadi kurang lebih 2 tahun terakhir ini.

Apakah masalah keperawatan pada kasus diatas?

A. Perilaku kekerasan
B. Isolasi sosial
C. Waham siar
D. Depresi
E. Bipolar

Jawaban : E. Bipolar
Pembahasan :
lead in : masalah keperawatan pada kasus diatas?
df : berbicara tidak jelas, marah - marah tidak jelas, mudah tersinggung, sering menyendiri terjadi dalam kurung waktu 1 hari . Hasil pengkajian pasien terlihat seperti orang normal akan tetapi mood selalu berubah ubah dan pasien berkata saya manusia yang tak berguna di mata keluarga
jawab : e. bipolar
karena pasien terlihat seperti orang normal tetapi mood ya selalu berubah



5. Seorang perawat sedang memberi salam dan berjabat tangan dengan pasien, sambil melihat pasien dan menanyakan kabar hari ini. pasien terlihat sering menggaruk kepalanya kemudian perawat Membuat kontrak cara perawatan diri, pada sore hari, di taman untuk mengajarkan perawatan kebersihan diri pasien.

Apa komunikasi terapeutik yang sedang dilakukan perawat pada kasus diatas ?

A. Fase Kerja
B. Fase orientasi
C. Fase terminasi
D. Fase pra interaksi
E. Fase post interaksi

Jawaban : B. Fase orientasi
Pembahasan :
LI : Apa komunikasi terapeutik yang sedang dilakukan perawat pada kasus diatas ?
DF : perawat sedang memberi salam dan berjabat tangan dengan pasien, sambil melihat pasien dan menanyakan kabar hari ini, perawat Membuat kontrak cara perawatan diri, pada sore hari, di taman untuk mengajarkan perawatan kebersihan diri pasien.
Eliminir : ACED
Jawaban : B
Rasional :
Orientasi :Mengidentifikasi alasan klien meminta bantuan
Membangun trust, menerima, dan membuka komunikasi
Bersama-sama membuat kontrak
Mengekplorasi pikiran, perasaan, dan tindakan klien
Mengidentifikasi masalah klien
Menetapkan tujuan dgn klien

kenapa bisa fase orientasi ?
Kita lihat pada soal dimana perawat memberi salam terapeutik sambil berjabat tangan. Kemudian menanyakan kabar, dan membuat kontrak topik yg ingin dibahas yaitu masalah klien, Kemudian kontrak tempat dan waktunya...



6. Seorang perawat bertanggung jawab merawat seorang pasien dengan acute miocard infarction. Pasien mampu melakukan ADL, mampu mandi, makan dan minum sendiri, ambulasi dengan pengawasan, pemantauan tanda-tanda vital setiap pergantian shift.

Apakah tingkat ketergantungan perawatan pada pasien tersebut menurut Douglass ?

A. Total care
B. Partial care
C. Minimal care
D. Mediate care
E. Intermediate care

Jawaban : C. Minimal care /self care
Pembahasan :
Li : tingkat ketergantungan perawatan . Menurut douglass .
Df : mampu melakukan ADL , mandi makan minum sendiri , ttv tiap pergantian shiff
Elimn : a b d e
Jawab : C. Minimal care /self care
Rasional :
Total care 5-6 jam
Parsial Care 3-4 jam
Self care  1-2 jam
Penkes 15-30 menit
Menurut Douglass tingkat ketergantungan Px



7. Seorang perempuan berusia 23 tahun dirawat di Rumah sakit jiwa 2 Minggu yang lalu. Pasien dengan defisit perawatan diri. tampak rapi dan bersih, rambut tersisir dan diikat, baju bersih dan tidak bau. Hari ini perawat ingin mengajarkan cara pemenuhan nutrisi dan cairan dengan benar.

Berdasarkan kasus diatas, strategi pelaksanaan berapakah yang diajarkan perawat kepada pasien tersebut ?

A. SP 1
B. SP 2
C. SP 3
D. SP 4
E. SP 5

Jawaban : C. SP 3
Pembahasan :
Df : udah ke sp 2 yaitu : tampak rapi baju dan rambut tersisir.
Jadi selanjutnya sp 3



8. Seorang perempuan berusia 17 tahun datang ke poliklinik RS Jiwa dengan keluhan tidak percaya diri dan malu dengan  keluarga di rumah dan teman-teman di sekolah karena melakukan aborsi akibat hamil diluar nikah. Pada saat dikaji klien tersebut tidak ada kontak mata, lebih banyak diam dan menundukkan kepala.

Apakah masalah psikososial yang tepat pada kasus di atas ?

a. Depresi
b. Isolasi sosial
c. Ketidakberdayaan
d. Gangguan citra tubuh
e. Harga diri rendah situasional

Jawaban : e. Harga diri rendah situasional
Pembahasan :
lead in : masalah psikososial yang tepat pada kasus di atas
data fokus : keluhan tidak percaya diri dan malu dengan  keluarga di rumah dan teman-teman di sekolah karena melakukan aborsi akibat hamil diluar nikah Pada saat dikaji klien tersebut tidak ada kontak mata, lebih banyak diam dan menundukkan kepala
jawab ; e. harga diri rendah situsional
rasional : karena tidak percaya diri dan malu dengan  keluarga di rumah dan teman-teman di sekolah karena melakukan aborsi akibat hamil diluar nikah

Harga diri rendah
Harga diri rendah dapat digambarkan sebagai perasaan negatif terhadap diri sendiri termasuk hilangnya percaya diri dan harga diri. Harga dirirendah dapat terjadi secara situasional(trauma) atau kronis (kritik diri yangtelah berlangsung lama) dapat diekspresikan secara langsung atau tidak langsung (Stuart & Sundeen, 2006)

Harga diri rendah situasional adalah suatu keadaan ketika individuyang sebelumnya memiliki harga diri positif mengalami perasaan negatif mengenai diri dalam berespon terhadap suatu kejadian(kehilangan,perubahan).

Harga diri rendah situasional adalah evaluasi diri negatif yang berkembang sebagai respons terhadap hilangnya atau berubahnya perawatandiri seseorang yang sebelumnya mempunyai evaluasi diri positif (NANDA,2005).

Harga diri rendah situasional yaitu terjadi trauma yang tiba-tiba,misalnya harus operasi, kecelakaan, dicerai suami, putus sekolah, putushubungan kerja, perasaan malu karena sesuatu terjadi ( korban perkosaan,dituduh KKN, dipenjara tiba-tiba




Demikianlah teman-teman semianya artikel singkat dari kami ini dengan judul yaitu Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 126. Semoga apa yang kami berikan dan sajikan diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sampai jumpa lagi teman-teman.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 126 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2019/01/contoh-soal-ukom-perawat-tahun-2018.html

Note : Contoh Soal UKOM Perawat Tahun 2018, 2019 ,2020 Part 126 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon