Saturday

Soal-Soal Uji Kompetensi Keperawatan dan Kunci Jawaban ke 95 Lengkap

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 95 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


Soal-Soal Uji Kompetensi Keperawatan dan Kunci Jawaban ke 95 Lengkap
contoh soal uji kompetensi dan kunci jawabannya

Uji Kompetensi D3 & Ners Indonesia


Dibawah ini terdapat 7 buah contoh soal UKOM Keperawatan


1. Seorang perempuan berusia 20 tahun dibawa keluarganya ke UGD RSJ Atma Husada Mahakam dengan alasan : sejak dicerai suaminya klien sering berteriak, memukul dirinya sendiri dan mengamuk. Saat dilakukan pengkajian  mata klien melotot dan dengan pandangan yang tajam, nada suara tinggi, tangan sering mengepal, tampak tegang saat bercerita dan pembicaraan klien kasar.
klien tampak berantakan, TD 140/90 mmHg, Nadi 89 x/menit, suhu 37o C, dan RR 24 x/menit.
Pertanyaan Soal
Apakah tujuan umum dari rencana tindakan pada masalah utama di atas?

Pilihan Jawaban
a. klien dapat membina hubungan saling percaya
b. klien dapat mengidentifikasi akubat perilaku kekerasan
c. klien dapat mengontrol atau mencegah perilaku kekerasan.
d. klien dapat menyebutkan cara mengontrol perilaku kekerasan
e. klien dapat mempraktikkan cara mengontrol perilaku kekerasan

Jawaban c. klien dapat mengontrol atau mencegah perilaku kekerasan.



2. Seorang perawat sedang merawat klien setelah tindakan mastektomi. Klien mengatakan lengannya mengalami pembengkakan. Kondisi ini menunjukkan bahwa klien mengalami komplikasi yang tidak diharapkan akibat pembedahan. Apakah prinsip etik yang gagal dipertahankan berdasarkan kasus tersebut?

A. Otonomi
B. Berbuat baik
C. Ketaatan
D. Mencegah kematian
E. Kerahasiaan

Jawaban : B. Berbuat baik
Rasional: Udema lengan pada area yang dioperasi adalah komplikasi setelah tindakan mastektomi yang dapat terjadi segera, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah pembedahan. Komlpikasi ini sering terjadi pada klien post mastectomy dan merupakan kondisi yang tidak diharapkan. Upaya agar tidak terjadi komplikasi relevan dengan prinsip berbuat baik dan tidak merugikan pada klien. Adanya komplikasi edema pada lengan dapat mengakibatkan penurunan fungsi lengan tersebuat yang berarti hasilnya tidak baik. Pilihan yang paling tepat adalah prinsip berbuat baik yang gagal dipertahankan.

Strategi Mengerjakan Soal: Ingat pokok masalah, komplikasi mastektomi adalah akibat yang tidak diharapkan dari suatu tindakan mastektomi. Pilihan  berbuat baik adalah prinsip berbuat baik yang harus dipertahankan dalam situasi apapun.



3. Seorang laki-laki 45 tahun dibawa keluarganya ke UGD RSJ Atma Husada Mahakam dengan alasan mengamuk, membanting barang-barang, gelisah tidak bisa tidur. Klien kelihatan sangat bersemangat, wajahnya tegang, muka merah ketika menceritakan masalahnya yaitu ditinggal istrinya menikah lagi. Klien tampak kotor dan kusut.
Pertanyaan Soal
Apakah diagnosa keperawatan/masalah utama pada kasus diatas?

Pilihan Jawaban
a. Gangguan konsep diri
b. Risiko Perilaku kekerasan
c. Gangguan pemeliharaan kesehatan
d. gangguan persepsi sensori : halusinasi
e. ketidakefektifan penatalaksanaan program terapeutik

Jawaban b. Risiko Perilaku kekerasan



4. Seorang klien dengan BPH (beign prostatic hypertrophy) sedang menjalani operasi TURP (transunethral resection of the prostate) dan mendapatkan irigasi kandung kemih. Sebelum tindakan dilakukan, perawat bedah memberikan penjelasan dan meminta persetujuan klien. Apakah nilai etik utama yang menjadi pedoman perawat dalam tindakan tersebut?

A. Keadilan
B. Kebebasan
C. Mendahulukan kepentingan orang lain
D. Persamaan hak
E. Harga diri manusia

Jawaban : B. Kebebasan
Rasional: TURP merupakan tindakan invasif yang beresiko untuk terjadinya komplikasi. Penjelasan sebelum pembedahan dilakukan untuk memberikan kesempatan klien mengambil keputusan terbaik bagi dirinya. Informed consent adalah persetujuan yang diberikan klien setelah pemberian informasi, merupakan salah satu bentuk penerapan nilai kebebasan. Klien bebas membuat keputusan untuk menerima atau menolak tindakan bagi dirinya.
Strategi Mengerjakan Soal: Pengetahuan mengenai pokok masalah , nilai etis utama yang menjadi pedoman perawat dalam bertindak.



5. Seorang perempuan berusia 35 tahun di rawat di Ruang Punai RSJ Atma Husada Mahakam sejak 2 hari yang lalu dengan alasan amuk, merusak lingkungan dan tidak mengurus diri. Klien mengatakan tidak mampu menjadi ibu yang baik dan tidak berdaya melakukan apapun. Klien mengatakan sering mendengar suara-suara yang ingin membunuhnya. Suara-suara itu sangat menakutkan sehingga membuat klien kesal, ingin memukul dan melempar barang-barang agar suara tersebut hilang. Dari observasi didapat data : kotor dan acak-acakan, selalu menyendiri duduk di pojok atau tiduran di tempat tidur, kadang-kadang klien mondar mandir dan berbicara sendiri.
Pertanyaan Soal
Apakah implementasi keperawatan prioritas pada kasus tersebut?

Pilihan Jawaban
a. Melatih pasien cara perawatan kebersihan diri, mandi dan berhias
b. Mendiskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien
c. Membantu pasien mengenali halusinasinya dan mengontrol halusinasi
d. Membantu pasien mengenal manfaat berhubungan dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.
e. Membantu pasien latihan mengendalikan perilaku kekerasan dengan cara fisik, verbal, spiritual dan obat-obatan

Jawaban c. Membantu pasien mengenali halusinasinya dan mengontrol halusinasi



6. Seorang perawat sedang memberikan penjelasan kepada klien untuk persiapan pulang pada klien dengan kanker prostat setelah tindakan prostatectomy. Penjelasan yang diberikan agar klien tidak mengangkat barang dengan bobot lebih dari 10 kg selama minimal 6 minggu. Apakah diagnosa keperawatan yang relevan dengan rencana tersebut?

A. Resiko gangguan cairan
B. Gangguan aktivitas dan istirahat
C. Resiko komplikasi pendarahan
D. Resiko gangguan mobilitas fisik
E. Gangguan eliminasi urine

Jawaban : C. Resiko komplikasi pendarahan
Rasional: Untuk mencegah mengangkat beban yang lebih dari 10 kg selama minimal 6 minggu merupakan penjelasan yang tepat bagi klien pasca prostatektomi untuk mencegah komplikasi pendarahan. Pilihan Resiko komplikasi pendarahan adalah diagnosis yang relevan dengan rencana tersebut.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, diagnosis yang relevan dengan penjelasan pasca prostatektomi.



7. Seorang klien laki-laki berusia 35 tahun diantar oleh keluarganya dan dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat ke UGD Atma Husada Mahakam, klien tersebut diikat, pucat, mata cekung, keringatan, dekil, ada luka-luka lecet di pergelangan tangannya, kepalanya benjol dan klien kadang bicara kacau dan mengatakan ingin mati secara berulang-ulang. Menurut keluarganya klien telah membenturkan kepalanya ke dinding sebelum dibawa ke UGD.
Pertanyaan Soal
1. Berada pada tahap apakah perilaku bunuh diri yang ditunjukkan oleh pasien?

Pilihan Jawaban
a. isyarat bunuh diri
b. ide untuk bunuh diri
c. ancaman bunuh diri
d. percobaan bunuh diri
e. cara untuk bunuh diri

Jawaban d. percobaan bunuh diri



Sumber : KBS UKOM Keperawatan (D3 & Ners) Indonesia
Semoga Artikel Soal-Soal Uji Kompetensi Keperawatan dan Kunci Jawaban ke 95 Lengkap ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Soal-Soal Uji Kompetensi Keperawatan dan Kunci Jawaban ke 95 Lengkap dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2018/03/contoh-soal-uji-kompetensi-keperawatan_10.html

Note : Soal-Soal Uji Kompetensi Keperawatan dan Kunci Jawaban ke 95 Lengkap Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon