Thursday

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN D3 DAN NERS 2017, 2018, 2019, 2020 Part 64

Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 64 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya


CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN D3 DAN NERS 2017, 2018, 2019, 2020 Part 64
UKOM Keperawatan

Uji Kompetensi Nasional Indonesia


Terdapat 5 buah contoh soal beserta kunci jawabannya


1. Seorang perawat baru saja mengikuti pelatihan keaiapsiagaan bencana. Pernyataan manakah yang menunjukan perawat telah mengikuti materi pelatihan dengan baik
i. "Perawat menguji kesiapan  rencana dengan berpartisipasi dalam latihan dan simulasi bencana"
ii. "Perawat bukanlah bagian utama dalam sistem kesiap siagan bencana"
iii. " perawat memegang peran penting pada sebelum saat, dan setelah terjadi bencana."
iv. "Perawat tidak perlu mengkaji efektifitas rencana setelah latihan dan simulasi keadan bencana.
v. " perawat membantu mengembangkan  protokol  tanggap bencana internal dan eksternal. "
Pilihan jawaban

A. i, ii, iii
B. ii, iii, iv
C. ii, iv, v
D. i, iii, v
E. i, iii, iv

Jawaban D:
Rasional: Peran dan tanggung jawab tenaga kesehatan pada keadaan bencana telah dijelaskan dalam protokol kesiapsiagaan bencana di setiap institusi. Perawat perlu mengkaji kesiapan protokol darurat bencana, berpartisipasi dalam latihan dan simulasi bencana. Setelah menganalisis dan mengevaluasi protokol rencana tersebut, perawat harus membantu membangun sistem tanggap bencana internal dan eksternal yg sesuai untuk institusi tersebut.

Strategi mengerjakan soal:
Fokus pada KataKata yang ditekankan, 'telah mengikuti materi pelatihan dengan baik'. Tentukan pernyataan mana yang menunjukkan pemahaman yang baik. Eliminasi pilihan iv karena perawat juga berperan untuk mengevaluasi hasil latihan dan simulasi bencana. Juga, perhatikan pernyataan tertutup 'tidak' falam pilihan ini.
Review: Tindakan keperawatan dalam sistem kesiapsiagaan bencana
Kompetensi: praktik profesional,etis, legal dan peka budaya
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Manajemen
Proses keperawatan: Evaluasi
Upaya kesehatan: Preventif
Kebutuhan dasar: Belajar
Sistem tubuh:: Pelayanan Kesehatan
Daftat pustaka: deWit, D. & kumagai, C. (2013). Medical-surgical nursing: Conceps & practice. (2nd ed., p. 1015). St. Louis: Saunders. Ignatavicius, C. D., & Workman, M. (2013). Medical-surgical nursing: Patient-centered collaborative care. (7th ed., p. 160). St. Louis:Saunders.



2. Perawat sedang merawat klien dengan kanker terminal yang sudah dekat dengan kematian. Saat menyusun rencana perawatan, intervensi manakah yang dipilih perawat sebagai prioritas?

A. Tetap mempeetahankan klien dalam kondisi sedasi sehingga tidak sadar dengan apa yang sebenarnya terjadi.
B. Pastikan bahwa keluarga memiliki privasi dan mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi sepanjang waktu
C. Pertahankan kehormatan dan harga diri klien, buat klien senyaman mungkin
D. Kelola resep diri tenaga kes. Dengan baik sehingga semua perawatan yg diberikan resep dilakukan tepat waktu

Jawaban C:
Rasional:
Perawat perlu fokus pada kebutuhan klien, menjaga klien tetap nyaman, dan mempertahankan kehormatan serta harga diri klien. Meskipun perawat perlu mengontrol nyeri yang dirasakan, tetapi tidak perlu melakukan sedasi klien secara terus-menerus sehingga klien tidak sadar dengan apa yang terjadi. Klien harus bisa berinteraksi dengan anggota keluarganya dan membuat keputusan. Kebutuhan keluarga itu penting, tetapi kebutuhan klien lebih penting. Resep dan perawatan harus dilakukan, tetapi membuat klien nyaman serta mempertahankan kehormatannya adalah prioritas utama.

Strategi mengerjakan soal:
Perhatikan kata penanda, 'prioritas'. Sisihkan pilihan A karena kata sedasi dan tidak sadar penuh. Sisihkan pilihan B karena kata akhirnya semua. Pilihan A, B, dan D mungkin dapat dimasukkan ke dalam askep, tetapi pilihan yang benar menyediakan komponen askep yg berfokus pada klien, yg menjadi prioritas.
Review: Askep pada klien dengan penyakit terminal.
Kompetensi: Asuhan dan manajemen Askep.
Domain: Pengetahuan kognitif
Keilmuan: Keluarga
Proses Keperawatan: Implementasi
Upaya kesehatan: Kuratif
Kebutuhan dasar: Psikososial
Sistem tubuh: Pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka: Potter et al (2013), pp. 300-301, 714.


3. Perawat sedang menjelaskan klien tentang prosedur kolonskopi. Perawat haris .memasukkan dalam rencana penjelasakan bahwa klien harus diberikan posisi apa selama prosedur?

A. Posisi Sim kiri
B. Posisi litotomi
C. Posisi knee-chest
D. Posisi Sim kanan
E. Posisi dorsal recumben

Jawaban A:
Rasional:
Klien ditempat pada posisi sim kiri untuk prosedur tersebut. Posisi tersebut memberikan posisi anatomi yang terbaik dan termudah pelaksanaan prosedur kolonskopi. Pilihan yang lain tidak tepat.

Strategi mengerkakan soal:
Fokus pada pada pokok masalah, posisi untuk kolonskopi. Terapkan konsep yang terkait dengan anatomi gastrointestinal untuk menjawab pertanyaan ini. Posisi ini mungkin saja sama dengan posisi untuk pemberian enema dengan posisi baring. Ketika menjawab pertanyaan faktual seperti ini, ingat pedoman dan usahakan untuk dapat membayangkan prosedur untuk memilih jawaban yg tepat.
Review: Posisi untuk kolonskopi
Kompetensi: Asuhan dan manajemen askep
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: KMB



4. Perawat mengevaluasi kondisi klien pasca kraniotomi 3 hari yang lalu. Manakah temuan pengkajian yang menunjukkan bahwa klien mengalami meningitis sebagai komplikasi dari pembedahan ?

A. Kerning sign negatif
B. Tidak ada kaku kuduk
C. Tanda Brudzinski positif
D. Skor GCS 15
E. Refleks Babinski negatif

Jawaban : C
Rasional: Gejala iritasi meningeal yang cocok dengan meningitis meliputi kaku kuduk, tanda brundzinki positif dan tanda kernig positif. Kaku kuduk ditandai dengan kekakuan dan nyeri pada leher, yang biasanya dikeluhkan saat leher difleksikan. Tanda kernig positif saat klien merasa nyeri dan kaku pada oto hamstring ketika kaki fleksi maksimal pada lutut dan pinggul. Tanda brudzinski positif saat klien merefleksikan pinggul dan lutut sebagai respon dari fleksi kepala dan leher ke dada yang dilakukan oleh perawat. GCS 15 merupakan skor sempurna dan mengindikasikan bahwa klien sadar penuh, tanpa defisit neurologis.

Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata penanda Klien mengalami meningitis. Anda dapat mengeliminasi pilihan A, B, D, dan Ekarena pilihan tersebut serupa atau sama dan merupakan temuan pada kondisi normal.
Review: Gejala-gejala meningitis
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Preventif
Kebutuhan Dasar: Aman dan Nyaman
Sistem Tubuh: Saraf dan perilaku
Daftar pustaka: Baird, Bethel (2011), p. 646.



5. Perawat sedang mempelajari catatan klien yang mengalami penyakit Crohn. Manakah dari karakteristik feses yang akan dicari perawat dalam catatan tersebut ?

A. Diare
B. Konstipasi
C. Feses berdarah
D. Feses terus keluar dari dubur
E. Obstipasi

Jawaban : A
Rasional: Penyakit Crohn ditandai dengandiare yang tidak berdarah yang biasanya tidak lebih dari empat sampai lima kali per hari. Semakin lam frekuensi diare semakin sering. Durasi dan keparahan pun meningkat. Pilihan B, C, D, dan E bukan merupakan gejala penyakit Crohn.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, Penyakit Crohn. Ingat kembali patofisiologi  yang berkaitan penyakit Crohn, akan mengarahkan anda pada pilihan yang tepat.
Review: Penyakit Crohn
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawtaan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Eliminasi
Sistem Tubuh: Pencernaan dan hepatobilier
Daftar pustaka: Dewit, Kumagai (2013) p. 671; Cooper, Gosnell (2015). p. 1437-1438.



Semoga Artikel CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN D3 DAN NERS 2017, 2018, 2019, 2020 Part 64 ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.

Anda sekarang membaca artikel CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN D3 DAN NERS 2017, 2018, 2019, 2020 Part 64 dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2018/02/contoh-soal-uji-kompetensi-keperawatan_8.html

Note : CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN D3 DAN NERS 2017, 2018, 2019, 2020 Part 64 Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon