Friday

Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 Tahun 2018 (D3 Perawat & Ners)

Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 Tahun 2018 (D3 Perawat & Ners)


Berikut ini adalah Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 beserta kunci jawabannya serta pembahasannya

uji kompetenisi perawat dan kunci jawaban 2018, kumpulan soal ukom perawat, uji kompetensi, uji kompetensi perawat, UKNI, kisi-kisi ukom, materi ukom, soal dan pembahasan ukom, kunci jawaban ukom, UKOM, kisi-kisi ukom, kisi ukom perawat, ukom perawat 2017, ukom perawat 2018, ukom perawat 2019, materi ukom, kumpulan ukom, kumpulan ukom perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat, kumpulan soal uji kompetensi perawat terbaru, kumpulan soal uji kompetensi perawat lengkap
uji kompetenisi perawat dan kunci jawaban 2018

UKOM D3 dan Ners Lengkap pdf doc


terdapat 5 buah soal beserta kunci dan pembahasannya


1. Seorang perawat membantu perawatn klien yang akan menerima tranfusi darah. Beberapa saat sebelum tranfusi apakah hal yang paling penting bagi perawat untuk dievaluasi?
A. TTV
B. Warna kulit
C. Saturasi oksigen
D. Kadar HTC terakhir
E. Keluaran urin

Jawaban : A
Rasional: Perubahan TTV mengindikasikan terjadinya reaksi tranfusi. Perawat mengukur TTV sebelum tranfusi dalam memperoleh data dasar, setiap 15 menit pada setengah jam pertama setlah tranfusi dimulai, dan setiap setengah jam selanjutnya. Warna kulit, saturasi oksigen, dan nilai hematokrit terakhir mungkin dapat dievaluasi tapi tidak terlalu penting.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan pada kata-kata utama “paling penting.” Hal ini menginformasikan pada anda bahwa terdapat lebih dari satu pilihan yang mungkin sebagian atau keseluruhannya tepat. Ingat kembali tanda-tanda dari reaksi tranfusi darah yang akan menuntun anda pada evaluasi TTV. Selain itu TTV adalah pilihan yang mewakili seluruh jawaban.
Review: Prosedur pemberian tranfusi darah
Kompetensi: Asuhan dan manjemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Prosedur
Keilmuan: Gadar
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Cairan dan elektrolit
Sistem Tubuh: darah dan sistem kekebalan imun
Daftar pustaka: Linton (2012), p. 614


2. Klien dirawat dengan rheumatoid arthritis selama 3 minggu. Selama pemberian etanercept, apakah data yang paling penting untuk dikumpulkan oleh perawat?
A. Area injeksi untuk gatal-gatal dan udem
B. Jumlah sel darah putih dan trombosit
C. Adanya rasa logam di mulut, dengan hilangnya nafsu makan
D. Apakah klien mengalami kelelahan
E. Apakah klien mengalami nyeri sendi

Jawaban : B
Rasional: Infeksi dan supresi dapat terjadi akibat pemberian etanercept. Pemeriksaan laboratorium digunakan sebelum dan selama proses pengobatan. Adanya jumlah sel darah putih dan trombosit yang abnormal harus memicu perawat untuk siaga terhadap infeksi yang mengancam jiwa atau potensial perdarahan. Area injeksi yang terasa gatal dan udem adalah hal yang biasa terjadi akibat pengobatan. Rasa logam pada pengobatan tidak berhubungan dengan pengobatan ini. Kelelahan dan nyeri sendi dapat terjadi pada rhematoid arthritis.
Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata penting “paling penting.”
Review: Obatetanercept
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Muskuluskeletal
Daftar pustaka: Hodgson, Kizior (2015), p. 455-456; Lewis et al (2014), p. 1573


3. Perawat sedang menjelaskan klien pasca operasi yang mendapat sodium warfarin (cumadin). Manakah dari pernyataan ini yang merupakan bahwa klien perlu penjelasan lebih lanjut?
A. “Saya akan minum obat setiap hari pada waktu yang sama”
B. “Saya sudah yakin akan menghindari konsumsi alkohol”
C. “Saya sudah menelpon keluarga untuk mengambil gelang kewaspadaan”
D. “Saya akan mengambil ecotrin (aspirin bersalut) untuk mengobati”
E. “Saya akan minum obat setiap hari sebelum makan”

Jawaban : D
Rasional: Ecotrin merupakan obat yang terdapat kandungan aspirin di dalamnya dan harus dihindari. Konsumsi alkohol padaproduk yang mengandung aspirin harus dihindari. Konsumsi alkohol harus dihindari oleh klien yang mendapat sodium warfarin. Minum obat pada satu waktu bersamaan tiap hari akan meningkatkan compliance. Galang identifikasi kewaspadaan memberikan informasi emergency. Warfarin dapat diminum baik dengan atau tanpa makan.
Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata penting “perlu penjelasan lebih lanjut.” Kata-kata ini mengindikasikan pencarian kejadian negatif dan meminta anda mengambil pilihan yang kurang tepat. Ingat bahwa warfarin adalah antikoagulandan ecotrin merupakn produk yang mengandung aspirin akan menunjukan anda memilih jawaban yang tepat.
Review: Pemberian warfarin
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Evaluasi
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Jantung pembuluh, darah, dan sistem limfatik
Daftar pustaka: Hod


4. Rifabutin (Mycobutin) diresepkan untuk klien dengan penyakit Mycobacterium avian complex dan TBC yang aktif. Manakah efek pengobatan di bawah ini yang harus dimonitor oleh perawat?
A. Tanda-tanda hepatitis
B. Sindrom nyeri
C. Jumlah neutrofil meningkat
D. Kekurangan vitamin B6
E. Rasa baal dan kesemutan pada jari-jari

Jawaban : A
Rasional: Rifabutin(Mycobutin) dapat diresepkan untuk klien yang ketergantungan dapat diresepkan bagi klien MAC dan TBC aktif. Obat tersebut dapat menghambat DNA mikrobakteri melalui DNA dependen RNA pelymerase menghambat dan menekan sintesis protein. Efek samping yang muncul adalh bintik kemerahan, gangguan pencernaan, neutropenia (penurunan jumlah neutrofil), sekresi warna  merah terang, uveitis (pandangan kabur dan nyeri pada mata), miositis atralgia (nyeri sendi), hepatitis, nyeri dada dan sesak, gejal seperti flu. Defisiensi vitamin B6 dan rasa kesemutan dan baal pada ektremitas karena konsumsi INH. Etambutol juga menyebabkan neuritis perifer.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, efek samping pengobatan ini. Catat nama obat untuk memudahkan menjawab pertanyaan. Ingat kembali bahwa defisiensi vitamin B6 dan kesemutan dan Baal pada ektremitas adalah akibat penggunaan INH bukan rifabutin, akan membantu anda menjawab pertanyaan.
Review: Efek samping pemberian rifabutin
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan Kognitif
Keilmuan: KMB
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Aman dan nyaman
Sistem Tubuh: Pernapasan
Daftar pustaka: Hodgson, Kizior (2015), p. 1051-1052; Lehne (2013), p. 1124


5. Seorang perawat memutuskan untuk merawat klien dengan gangguan proses pikir. Perawat mengatakan bahwa klien meyakini jika makanan itu telah diberi racun. Manakah teknik komunikasi yang tepat direncanakan oleh perawat untuk memotivasi klien agar mau makan?
A. Gunakan pertanyaan terbuka dan diam mendengarkan
B. Fokus pada ungkapan klien tentang makanan kesukaannya
C. Beritahukan alasan bahwa klien tidak mau makan
D. Berikan opini tentang kebutuhan untuk pemenuhan nutrisi
E. Gunakan pertanyaan tertutup yang aktif.

Jawaban : A
Rasional: Penggunaan pertanyaan terbuka dan diam mendengarkan adalah strategi yang dapat digunakan untuk memotivasi klien dalam mendiskusikan masalahnya
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek yaitu teknik komunikasi.
Review: Teknik komunikasi terapeutik
Kompetensi: Asuhan dan manajemen asuhan keperawatan
Domain: Pengetahuan prosedur
Keilmuan: Jiwa
Proses Keperawatan: Pengkajian
Upaya Kesehatan: Kuratif
Kebutuhan Dasar: Psikososial
Sistem Tubuh: Kesehatan dan mental
Daftar pustaka: Varcarolis (2013), p. 120-123



Semoga Artikel Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 Tahun 2018 (D3 Perawat & Ners) dapat bermanfaat bagi kita semua, dan  kami do'a kan yang belajar soal-soal Uji Kompetensi (UKOM) disini ketika menghadapi UKOM sesunggunya dapat LULUS semua, aamiin.
Anda sekarang membaca artikel Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 Tahun 2018 (D3 Perawat & Ners) dengan alamat link https://ukom-ners.blogspot.com/2017/12/latihan-uji-kompetensi-perawat-ukom.html

Note : Latihan Uji Kompetensi Perawat (UKOM) bagian ke 33 Tahun 2018 (D3 Perawat & Ners) Tulisan dari blog ini bersumber dari beberapa website dan materi soal-soal lainnya. Dilarang melakukan Kopi Paste tanpa izin dari kami ataupun pemilik website sumber aslinya. Tulisan ini dibawah perlindungan DMCA Pro 2019 DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon